Tips Rafting Yang AmanTips Cara Rafting Yang Aman - Banyak orang yang berpikir kegiatan arung jeram adalah olahraga yang berbahaya dan tidak aman. Arus sungai yang deras, bebatuan sepanjang sungai, hujan yang kapan-kapan bisa turun saat melakukan rafting semua menjadi satu dan membuat kekhawatiran itu muncul. Namun Anda perlu ketahui, sebenarnya kegiatan ini sudah dirancang sedemikian rupa dan sudah diukur faktor resikonya sehingga segala sesuatunya telah diperhitungkan tingkat keamanannya. Semua prosedur sudah dibuat standarisasinya untuk olahraga satu ini sehingga Anda tidak perlu takut akan resiko yang sudah diperhitungkan dengan baik.

Pada Intinya, selama proses kegiatan arung jeram yang dilakukan sesuai dengan petunjuk dan prosedur, kegiatan ini tidak akan menimbulkan bahaya dan resiko yang besar. Berikut tips cara rafting yang aman dari kami :

1. Jaket Pelampung Terpakai Sempurna

Pastikan jaket pelampung telah terpasang sempurna dibadan Anda, dan pastikan kembali kelayakan dari jaket pelampung itu sendiri jangan ragu bila menemukan jaket pelampung yang terlihat rusak. Dalam kegiatan rafting selalu ada potensi tubuh kita akan terhempas ke dalam air. Jika Anda bisa bahkan jago berenang itu bukan jaminan untuk keselamatan di arus sungai yang bisa deras. Memakai jaket pelampung adalah hal terpenting dalam peralatan keselamatan kita di dalam arus sungai.

2. Gunakan Perangkat Pelindung Kepala Dengan Baik

Perangkat pelindung kepala selalu menjadi peralatan wajib di kegiatan rafting, Helm sebagai pelindung kepala dari benturan adalah peralatan yang tidak boleh ditinggalkan ketika melakukan arung jeram. Pemakaian peralatan keselamatan biasanya selalu akan diperkenalkan oleh instruktur arung jeram dan hal ini harus diikuti dengan baik. Pastikan helm Anda terpasang sempurna dan tidak kendor dan layak saat digunakan.

3. Ikuti Petunjuk dari Instruktur

Seorang instruktur akan selalu menemani kita dimulai dari proses savety briefing sebelum kegiatan rafting dimulai sampai kegiatan rafting itu selesai. Selalu mendengar semua instruksi yang diberikan secara seksama dan detail seperti savety briefing, pemakaian perlengkapan rafting, cara tekhnik dayung, bertahan dalam perahu, cara menguasai arus deras, cara menyelamatkan diri saat jatuh ke air dll.

Selalu ikuti semua petunjuk selama kegiatan rafting sampai selesai adalah sebuah kewajiban, karena diharapkan  jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, maka kita sudah memahami prosedur dan penanganannya dengan baik.

4. Pakailah Pakaian yang Nyaman dan Aman

Pakaian yang dipakai saat arung jeram juga berpengaruh terhadap faktor keamanan Anda saat melakukan kegiatan rafting. Hendaknya segala sesuatu yang dipakai selama kegiatan rafting bisa membantu dan memperkecil faktor resiko keamanan itu sendiri. Misalnya jangan memakai sandal dengan hak tinggi atau sepatu kets yang bisa menyerap banyak air, gunakan pakaian yang nyaman jangan yang membatasi gerak tubuh anda selama kegiatan rafting berlangsung.

5. Tidak Mudah Panik

Jangan mudah panik, itulah salah satu hal yang paling penting dalam olahraga arung jeram. Para peserta harus percaya terhadap semua prosedur yang sudah dijalankan dan diperhitungkan oleh pihak penyelenggara kegiatan rafting. selalu ikuti prosedur yang sudah diberikan, selalu ikuti petunjuk instruktur dilapangan adalah kuncinya. Jika Anda panik hal ini akan mempersulit keadaan.

6. Berdoa dan Selalu Menghormati Alam

Berdoa kepada Tuhan YME adalah sebuah kewajiban didalam memulai kegiatan rafting, juga menghormati alam dengan ikut membantu kelestariannya, tidak merusak, hal ini pasti akan membantu kita demi amannya kegiatan rafting yang akan kita lakukan.

 

Demikian Tips cara rafting yang aman dari kami, semoga hal ini bisa bermanfaat dan jangan lupa selalu pilih provider Paket Rafting yang baik dan terpercaya.

 

BACA JUGA :