Kurt Hahn

Kurt Hahn Sang Bapak Outbound

Kurt Hahn dikenal sebagai ‘Bapak Outbound’, ydialah peletak dasar-dasar pelatihan dan pengajaran yang dilakukan di alam terbuka/luar kelas dengan metode dia yang disebut ‘experantial learning’. Pada tahun 1920 bersama Prince Max, Kurt Hahn mendirikan sebuah taman pendidikan yang dinamakan Salem school di Jerman. Disekolah tersebut Kurt hahn menekankan tentang pembangunan karakter peserta didik melalui pendidikan yaitu kegiatan pelatihan kegiatan fisik yang non kompetitif. Inspirasi membuat sekolah ini dia dapatkan saat mengikuti pendidikan summer camp di Ingris yang pengajarnya adalah mr.Baden Powel yang kita kenal sebagai ‘Bapak Pramuka’.

Kurt Hahn seperti yang diketahui adalah seorang keturunan Yahudi berkebangsaan German dan lahir pada 5 juni 1886 di Berlin. Pada tahun 1933 dia sempat di tangkap oleh pemerintahan Nazi Jerman karena Kurt Hahn dianggap terlalu vokal dan mengkritik pemerintahan pada saat itu. Pada saat itu kebencian Adolf Hitler sang pemimpin German terhadap yahudi membuat Kurt Hahn akhirnya terpaksa pindah dan tinggal di Inggris. Disana beliau juga berkecimpung didunia pendidikan dan mengembangkan metode yang selama ini dia bangun. Di negara Inggris dia banyak mendirikan pusat-pusat pendidikan dan organisasi seperti Gordonstoun public school (1934). Outward Bound (1941), the Duke of Edinburgh’s Award Scheme (1954 – 6) and the Atlantic Colleges (1957).

Metode-metode pengembangan diri dan pengembangan tim yang sangat persis seperti metode pelatihan Outbound atau experiential learning yang ada pada saat sekarang sudah sangat terlihat dan dipraktekan oleh Kurt Hahn dan Sir  Lawrence Holt (berkebangsaan Inggris) didalam pusat pelatihan ”Outward Bound’ yang didirikan dan dibangun keduanya untuk melatih para pelaut-pelaut Inggris.

Kurt Hahn meninggal di negara yang sangat dia cintainya yaitu Jerman pada 14 Desember 1974 pada usia 88 tahun, sampai saat ini filosofi-filosofi yang dia ciptakan dan metode-metode yang dia kembangkan masih di gunakan dalam pengembangan sumber daya manusia dan pelatihan-pelatihan yang dikembangkan dalam bentuk Paket Outbound yang kita kenal saat ini.