instruktur outboundBagi anda yang pernah mengikuti kegiatan outbound training baik Paket outbound dasar sampai advance, pasti akan dipimpin oleh seorang instruktur outbound/team building, pastinya pernah terpikir, bagaimana instruktur outbound training tersebut bisa menggali segala potensi dan perilaku yang ada didalam diri kita. Karena tanpa kita sadari potensi tersebut bisa keluar dengan sendirinya, tanpa paksaan, mengalir begitu saja seiring permainan-permainan dan training yang diberikan oleh instruktur outbound tersebut. Kemampuan apa sih yang dimiliki instruktur outbound training tersebut?

Tidak mudah menjadi seorang Instruktur outbound, Seorang instruktur/fasilitator outbound dapat dikatakan berhasil bila mampu mengendalikan suasana dan jalannya program training tersebut dengan baik.  Dibutuhkan banyak hal selain kemampuan penguasaan metode outbound. Penampilan dan cara pembawaan misalnya, dua hal tersebut juga sangat diperlukan oleh seorang fasilitator Outbound/team building agar dapat dan mampu menarik perhatian dari peserta yang baru ditemuinya. Belum cukup lagi, Selain penampilan dan pembawaan yang menarik, seorang instruktur outbound pun harus menguasai ilmu observasi dan komunikasi yang mumpuni agar dapat membaur dengan bermacam-macam tipe kepribadian peserta training.

Lebih dari itu, Instruktur outbound juga memerlukan kemampuan menaikan level motivasi peserta juga perilaku masing-masing individu, baik secara moral dan mental. Maka jangan heran, kalo seorang instruktur outbound sudah dibekali dengan dasar-dasar ilmu motivasi layaknya seorang motivator, bedanya jika seorang motivator lebih banyak memberi ilmu dan training melalui sesi bicara dan talking program, maka instruktur outbound memberikan training motivasi lebih melalui sebuah program yang dipadu dengan permainan yang disusun sedemikian rupa, sehingga peserta diminta menyelesaikan suatu permasalahan dengan cara yang instruktur outbound gali dari sang peserta. Dengan cara tersebut diharapkan pesan atau insight yang ingin diberikan kepada peserta lebih mudah untuk diserap dan diterima alam bawah sadar peserta. Seorang game master yang berpengalaman bahkan mampu memainkan sisi psikologis peserta, hal ini semata-mata dilakukan agar peserta dapat mencerna pelatihan dengan lebih baik dan mudah, sehingga instruktur outbound dapat membimbing peserta ke titik – titik tertentu yang ingin dicapai dalam program pelatihan Outbound tersebut.

Penulis :  Alvin Bolang