Arti Outbound, Sejarah dan Manfaatnya, mungkin kita sering mendengar tentang kegiatan outbound, bahkan mungkin ada dari kita yang mempunyai pengalaman melakukan kegiatan ini bersama rekan-rekan kantor dan mengikuti Paket Outbound yang di kelola provider Outbound di Indonesia. Kali ini kami akan coba bantu menjelaskan sedikit dan ringkas tentang apa itu Arti kata Outbound, sejarahnya dan manfaat dari kegiatan tersebut.

Banyak liteatur yang membahas bahwa kata outbound berasal dari kata ‘outward bound‘ sebuah kata yang berasal dari masa perang dunia ke-2, dan tidak sedikit juga pemikiran yang membahas bahwa awal kata outbound berasal dari makna ‘out of bounderise’. Namun apabila ditelaah, pada prinsipnya kedua kata tersebut bermakna sama yaitu ‘keluar dari batasan/penghalang’. Bahkan dalam bahasa inggris sendiri kata ‘outbound’ sebenarnya memiliki makna yang berbeda dengan kata kegiatan ‘outbound’ yang kita kenal di Indonesia. Dalam bahasa inggris mereka menyebut dan mendefinisikan kegiatan ‘outbound’ dengan kata ‘Experiential learning’ yang memiliki makna yang sama dalam definisi kegiatan ‘outbound’ di Indonesia. Jadi sampai sekarang penggunaan kata Outbound belum dapat di pastikan konfirmasinya berasal dari kata apa dan dimulai sejak kapan.

Sebenarnya metode pelatihan outbound sudah dijalankan dan sudah dikenal sebelum abad ke-19. Sejarah pernah mencatat tepatnya pada tahun 1823, pernah didirikan sebuah pusat pelatihan bagi anak-anak kaum elite eropa yang bermukim di negara amerika serikat dengan nama Round Hill School (sumber wikipedia), yaitu sebuah pusat pelatihan dan pendidikan tambahan yang dilakukan di alam terbuka sebagai bagian dari personal development (pengembangan diri) dan team development (pengembangan tim) yang pengembangannya mengikuti program-program yang pernah dijalankan di Eropa khususnya German.

outward bound

Pelatihan Outward Bound di inggris

Baru pada tahun 1941 tercatat pula sebuah pusat pelatihan dan pendidikan dengan nama Outward bound school yang didirikan oleh dua orang yaitu Kurt Hahn (kebangsaan German) dan Sir Lawrence Holt (berkebangsaan Inggris) yang dua-duanya adalah pelaut pada masa perang dunia ke-2 (sumber wikipedia). Pelatihan dan pendidikan ini didirikan dan dibangun untuk melatih para pelaut dengan metode-metode pengembangan diri dan pengembangan tim persis seperti metode pelatihan Outbound atau experiential learning yang kita kenal saat ini.

 

Outbound‘ di Indonesia saat ini bisa disimpulkan sebagai bentuk pelatihan personal development dan team development yaitu sebuah pembelajaran dan pelatihan perilaku individu, team, dan kepemimpinan dengan pendekatan yang unik, komunikatif, sederhana tetapi efektif yang kegiatannya dilakukan di alam terbuka.

Sementara kegiatan Outbound sendiri diyakini memiliki manfaat yang luar biasa didalam pembentukan kualitas individu maupun team. yaitu :

A. Meningkatkan kompetensi setiap individu melalui pembentukan sifat, sikap dan mental yang berkualitas.
B. Meningkatkan kompetensi kerjasama masing-masing individu menjadi sebuah Team work yang solid melalui komunikasi yang baik, kepemimpinan yang berkualitas, dan keselarasan pencapaian tujuan.

Demikian uraian singkat dari kami tentang asal kata Outbound, definisi, sejarah dan manfaat dari kegiatan tersebut di lakukan. Semoga bermanfaat!